Mengunjungi US REUBEN JAMES di Tanjung Periuk, 21 Februari 2011

Jakarta – Hari ini Komisi I DPR RI berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Periuk dalam rangka menyambut kedatangan Kapal Perang AS USS Reuben James (FFG 57) yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan kapal yang bersepesifikasi sebagai penghalau kapal selama ini untuk mempererat kerjasama dengan Angkatan Laut Indonesia dan akan menggelar latihan bersama.

USS Reuben merapat di Jakarta International Container Terminal sekitar pukul 09.00 WIB pagi ini. Kapal dengan warna dominan perak tersebut berkekuatan kurang lebih sekitar 200 personil.

“Kedatangan kami ke sini untuk persahabatan dengan angkatan laut Indonesia. Kami akan menggelar sejumlah kegiatan di antaranya latihan bersama,” tutur Kapten Kapal Letkol David Miller kepada wartawan di atas dek helipad USS Reuben James, Senin (21/2/2011) siang.

Miller mengatakan dia dan awak kapalnya akan singgah selama tiga hari di Indonesia. Tiga hari tersebut akan di manfaatkan dengan berbagai kegiatan antara lain, berinteraksi dengan siswa-siswa sekolah, pertandingan sepabola antara awak USS Reuben James dan perwakilan dari TNI AL serta pembicaraan mengenai angkatan laut secara umum.

“Setelah Indonesia kita akan mengunjungi Singapore. Sebelumnya kami berada di Guam,” paparnya.

Miller juga memastikan kedatangan USS Reuben James sama sekali tidak memiliki agenda khusus terkait dengan kondisi Indonesia saat ini. “Tidak ada agenda khusus. Kunjungan ini sudah dijadwalkan sejak lama,” tegasnya.

USS Reuben James merupakan kapal rudal dengan spesifikasi khusus sebagai penghalau ancaman dari kapal selam lawan. Kapal dengan panjang 138 meter ini dilengkapi dengan teknologi komputer digital berkecepatan tinggi.

Selain dilibatkan dalam sejumlah latihan perang, USS Ruben Jeames pernah juga terlibat dalam perang di teluk persia dari Agustus 2002 sampai April 2003. Kapal yang mampu mencapai kecepatan 30 knots ini juga terlibat dalam operasi pembebasan di Iraq pada pertengahan 2000-an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s