Bursa Ketua Demokrat Ramai

MANADO – Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat (PD) Sulut bakal digelar antara 7-10 April mendatang. Kalau melihat jadwal ketua umum (Anas Urbaningrum), kemungkinan besar 7 dan 8 April, kata Wakil Ketua PD Sulut Jhon Dumais. Sejauh ini, nama DR Sinyo Harry Sarundajang diprediksi sulit dibendung untuk menggantikan Linneke Syennie Watoelangkouw (LSW).

Hanya saja, cerita bisa lain andai SHS tidak maju. Bila SHS tidak maju, bursa ketua akan sangat ramai, kata sejumlah kader Demokrat. Sas sus beredar, wacana majunya SHS beberapa waktu lalu hanya sekadar menenangkan massa Demokrat Sulut. Karena ketika itu, isu Musdalub sangat kencang pasca kekalahan LSW di Pilwako Tomohon. Waktu itu kan begitu SHS dikabarkan maju, wacana Musdalub langsung meredup, ungkap mereka. Sejumlah nama yang dijagokan selain LSW di antaranya GS Vicky Lumentut, Harley Ai Mangindaan, dan Fabian Sarundajang. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Angelina Sondakh dan Paula Sinjal maju.

Konon, bila SHS tidak maju, sangat mungkin persaingan terjadi antara Vicky Lumentut dan LSW. Namun, bukan tidak mungkin ada nama lain muncul. Sebut saja Prof Lucky Sondakh. Persaingan anak muda pun bisa saja terjadi. Sebab, dengan tampilnya Anas dan Ibas di DPP PD, sosok muda berpeluang. Dua nama disebut-sebut, Harley Ai Mangindaan atau Fabian Sarundajang. Di sisi lain, anggota FPD DPR RI Paula Sinjal SH menjelaskan Musda PD Sulut ini sesuai AD/ART dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 5 (lima) tahun. Selain memilih dan menetapkan ketua dan formatur kepengurusan DPD PD Suut, juga menyusun program, menilai laporan pertanggungjawaban, serta menetapkan keputusan-keputusan lainnya.

Di mata Paula, sosok yang mampu memimpin PD Sulut secara elegan selama 5 tahun ke depan sekaligus sebagai ketua formatur penyusun kepengurusan adalah DR SH Sarundajang. Paula membeberkan berbagai pertimbangan. Pertama, SHS telah berhasil memenangkan PD pada Pilgub, sekalipun konsolidasi ketika itu tidak optimal. Kedua, SHS mampu mengelola dinamika DPD II PD di 15 kabupaten/kota se-Sulut karena kapasitasnya sebagai gubernur yang diusung Partai Demokrat. Ketiga, kepemimpinan SHS nantinya sebagai Ketua PD Sulut sekaligus menjadi representasi keanggotaannya di Dewan Pembina, sehingga aspirasi daerah khususnya kawasan Indonesia bagian Timur akan semakin kuat dikumandangkan dalam program partai di tingkat nasional. Keempat, SHS dapat berperan sebagai guru politik bagi kader-kader Demokrat dalam pengembangan kultur dan manajemen politik.

Saya sampaikan terima kasih atas pengabdian LSW selaku Ketua DPD PD SUlut periode 2006-2011. Tak dapat dipungkiri, saya juga harus menyayangkan kegagalan beliau pada pilkada di Kota Tomohon untuk memilih Wali Kota Tomohon 2011-2016. Semoga hal itu akan menjadi fakta poilitik yang berharga bagi kader-kader di kemudian hari, katanya.
Sumber :www.manadopost.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s