Wasekjen PD: Golkar dan PKS Tak Layak Lagi dalam Koalisi

Jakarta – Kemenangan tipis dalam voting paripurna DPR untuk hak angket mafia pajak, secara gamblang mengungkapkan posisi masing-masing partai politik anggota Setgab Koalisi. Sudah selayaknya ada ‘reward’ kepada parpol membuktikan kebersamaannya dan ‘punishment’ kepada yang mengingkari komitmen sebagai mitra koalisi.

Demikian ungkap Wasekjen Partai Demokrat (PD), Ramadhan Pohan, mengenai nasib PKS dan Golkar pasca voting paripurna DPR untuk angket mafia pajak. Hal tersebut disampaikannya kepada detikcom dalam pembicaraan lewat telepon, Rabu (23/2/2011).

“Secara etika, moral dan strategis, saya pribadi menilai PKS dan Golkar sudah tidak layak lagi berada dalam koalisi pemerintahan,” ujar Ramadhan.

Penilaian tersebut dia ambil setelah menangkap suasana kebatinan sesama anggota FPD yang berada di lapangan selama proses menjelang dan ketika voting berlangsung. Menurutnya semua tahu persis dan mengalami langsung penistaan dan kesombongan politik yang dilakukan para politisi dua parpol mitra koalisinya terhadap PD dan Presiden SBY.

“Rasanya tidak rela bila terus bersama-sama dua partai tersebut,” cetus anggota Komisi I DPR itu.

Maka sangat layak bila ada perlakuan khusus kepada PKS dan Golkar atas pilihan sikap politik mereka. Perlakuan itu harus berbeda dengan yang dikenakan kepada para mitra koalisi yang telah kebersamaan dan komitmen terhadap pakta koalisi yang telah disepakati sedari awal.

“Tentu teman-teman dari PPP, PKB, PAN tentu ingin melihat ‘reward and punishment’ itu berlaku,” ujar Ramadhan.

Berdasar kalkulasi awam, sudah pasti ‘punishment’ yang dimaksud adalah mengeluarkan PKS dan Golkar dari daftar anggota parpol koalisi dan sekaligus berarti mencopot kader dua parpol bersangkutan dari Kabinet Indonesia Bersatu II. Namun pelaksanaannya tentu saja menjadi wewenang Setgab untuk konteks koalisi dan reshuffle kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogarif Presiden SBY.

“Tetapi mestinya kedua parpol itu tahu dirilah,” sambung Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s