Paula Sinjal: 4 Daerah di Sulut Lolos Kajian Baleg DPR-RI

Pembahasan RUU Daerah Otonomi Baru (DOB) diantaranya membahasa pemekaran 4 DOB dari Sulawesi Utara/Sumber Foto Istimewa

JAKARTA – Anggota Komisi III DPR-RI asal Sulawesi Utara (Sulut) Paula Sinjal SH.Msi kemarin di Jakarta meminta agar seluruh masyarakat Sulawesi Utara memberikan dukungan dan Doa, karena tadi pagi sekitar Jam 10 pagi telah dilaksanakan presentasi sekaligus kajian oleh Badan Legislasi DPR-RI, terkait Rancangan Undang-Undang, (RUU) Daerah Otonomi Baru, (DOB), terhadap 65 daerah yang diusulkan untuk dimekarkan.

Ditambahkan Paula Sinjal, dari 64 daerah yang diusulkan untuk dimekarkan itu, empat diantaranya berasal dari Sulut.”Mohon didukung dengan Doa, agar keinginan masyarakat Sulawesi Utara untuk memekarkan beberapa wilayah dapat terealisasi secepatnya,” kata Calon Legislatif dari Partai Demokrat ini. Menurutnya, setelah melewati kajian oleh Badan Legislasi (Baleg-DPR-RI), maka berkas tersebut akan kembali dikaji lebih detil dengan mekanisme pengkajian perDaerah, juga oleh baleg DPR-RI.

Dijelaskannya lagi, mekanisme selanjutnya adalah wewenang Badan Musyawarah (Banmus), untuk  menjadwalkan Rapat Paripurna, kemudian diserahkan kepada Presiden guna mendapatkan penetapan Anpres atau Surpres (Surat Presiden), untuk ditindaklanjuti oleh Menteri dalam negeri( Mendagri dan Menteri hukum dan Ham (Menkumham) serta Menteri Keuangan (Menkeu).

Proses tersebut kata Paula Sinjal, diperkirakan memakan waktu hingga akhir bulan September ini. Diperkirakan pada awal bulan Oktober 2013, RUU 65 Daerah itu akan sampai ke meja Presiden selama 60 hari, kemudian kembali lagi ke Komisi II untuk ditetapkan melalui Rapat Paripurna menjadi UU-DOB.

“Kami akan berjuang khsus untuk 4 Daerah di Sulut untuk dimekarkan sebagaimana keinginan masyarakat di Sulut,”jelas Paula Sinjal.

Meski belum menyebutkan nama Daerah, tetapi bocoran yang berhasil diperoleh di DPR-RI, Daerah yang akan dimekarkan antara lain Kota Langowan dan Provinsi Bolmong Raya.

Sumber : Metro Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s