Tahap I, 4 Daerah di Sulut Siap Dibahas; Kota Langowan Masuk Daftar Pembahasan

Paula Sinjal sedang diwawancarai oleh beberapa wartawan, terkait dengan tugas-tugasnya di DPR RI/sumber foto koleksi Pribadi

LANGOWAN – Proses administrasi wacana pembentukan Kota Langowan terus berlanjut di ibukota. Anggota Komisi II DPR-RI, Paula Sinjal SH legislator utusan dapil Sulawesi Utara menyatakan bahwa saat ini calon Kota Langowan telah masuk dalam daftar daerah calon pemekaran yang siap dibahas oleh Badan Legislasi (Baleg). Ada empat daerah di Sulut yang akan masuk dalam pembahasan tahap pertama.”Sebenarnya tidak ada daerah otonom baru (DOB) dari Sulut yang masuk dalam daftar pembahasan tahap pertama karena dari sembilan daerah yang diusulkan untuk dimekarkan tidak bisa melengkapi persyaratan administrasi sesuai tenggat waktu yang ditetapkan. Namun kami terus berjuang dan akhirnya bisa meloloskan empat daerah untuk dibahas,” ujarnya.

Sinjal menambahkan, empat daerah yang dimaksud adalah Kota Langowan, Kota Tahuna, Kabupaten Talaud Selatan, dan Provinsi Bolaang Mongondow Raya. Empat daerah ini adalah hasil verifikasi Komisi II DPR-RI sesuai data yang ada dan hasil komunikasi dengan Pemprov Sulut.Sinjal menjelaskan, saat ini sudah terbit surat dari Komisi II DPR-RI kepada Baleg DPR-RI untuk diproses pada tahapan selanjutnya.

Tahapan yang akan dilewati empat daerah ini adalah pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsep untuk untuk dijadikan DOB. Pemekaran empat daerah ini akan diparipurnakan di DPR-RI dan hasilnya akan diteruskan ke Presiden.”Memang masih ada beberapa tahapan yang akan dilalui namun saya bersyukur perjuangan yang dilakukan telah membuahkan hasil.

Pemekaran empat daerah di Sulut semakin dekat dan kami optimis bisa terealisasi. Saya bangga bisa berjuang untuk mewujudkan keinginan masyarakat untuk membentuk daerah pemekaran baru,” ujarnya.Dengan situasi ini, Kota Langowan kemungkinan besar akan lebih dahulu dimekarkan dibanding Kabupaten Minteng.

Berkas administrasi pemekaran Kabupaten Minteng telah berada di Sekretariat DPR-RI namun belum lengkap karena sedang proses pembuatan peta wilayah.Ketua Panitia Pemekaran Kota Langowan, Jefry Pai mengaku sangat bersyukur Kota Langowan bisa masuk dalam empat daerah di Sulut yang akan dibahas dan berpeluang untuk dimekarkan tahun ini. Kerja keras yang dilakukan telah membuahkan hasil.”Kami bersyukur Kota Langowan semakin dekat untuk dimekarkan. Masih ada proses yang harus dilewati dan kami yakin keinginan masyarakat Langowan untuk membentuk daerah otonom baru akan terealisasi asalkan persatuan dan kebersamaan tetap di jaga” ujarnya.

Sumber : Langowan.com

By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

One comment on “Tahap I, 4 Daerah di Sulut Siap Dibahas; Kota Langowan Masuk Daftar Pembahasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s