Pangkas Regulasi yang Menghambat Investasi

Presiden SBY

Presiden Republik Indonesia/Sumber Foto Istimewa

JAKARTA – Peraturan perundangan-undangan harus mampu menjamin investasi. Untuk itu, Presiden meminta reformasi birokrasi hulu migas. Regulasi disederhanakan untuk memangkas hambatan.

“Investasi minyak bumi merupakan proyek jangka panjang. Sudah menjadi tugas pemerintah untuk mempertahankan iklim investasi yang kondusif, termasuk pembuatan peraturan perundangan yang menjamin para investor,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan pembukaan Konvensi dan Pameran Tahunan ke-37 Indonesia Petroleum Association (IPA), di Jakarta Convention Centre, Rabu (15/5) pagi.

Pemerintah, lanjut SBY, menyadari tantangan produksi hulu migas dan di sisi lain berbagai kendala terus muncul yang perlu disikapi bijak, taktis dan sekaligus dicari solusi.

Presiden juga mengingatkan, baik pemerintah pusat maupun daerah harus memahami keberlangsungan industri migas. “Sektor ini penting sebagai sektor utama yang berkontribusi bagi pembangunan nasional. Oleh karena itu, harus disikapi secara cepat,” SBY menegaskan.

Pendapatan negara dari industri migas per tahun sebesar Rp 300 triliun, masih menjadi tulang punggung keuangan negara. “Jadi sangat perlu menjaga keberlangsungan industri migas,” Presiden SBY menjelaskan.

Presiden juga telah menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik untuk berkomunikasi dengan Menteri Keuangan membicarakan insentif kepada perusahaan swasta guna merangsang eksplorasi dan pencarian cadangan migas baru.

“Sektor migas bukan hanya kegiatan ekstraktif, berikan dukungan pada pembangunan industri migas yang makin inklusif, kerakyatan dan ramah lingkungan,” ujar SBY.

Indonesia, Presiden menambahkan, merupakan negara yang selalu menarik untuk berinvestasi. Oleh karena itu, pertumbuhan investasi harus didukung berbagai pemangku kepentingan.

Sumber : demokrat.or.id

Advertisements
By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s