Paula Sinjal Usulkan Solusi Bencana Manado

Paula Sinjal, SH.,M.Si., Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat/Sumber Foto Koleksi Pribadi

Paula Sinjal, SH.,M.Si., Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat/Sumber Foto Koleksi Pribadi

JAKARTA – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Utara Paula Sinjal menyampaikan sejumlah masukan ke Pemerintah Kota Manado mengenai pencegahan berulangnya bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa waktu silam.

Solusi pertama, menurut Paula Sinjal, pemerintah dan pengusaha harus bertanggung jawab terhadap pengendalian pencemaran dan atau kerusakan lingkungan berdasarkan UU 32/2009.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, selain UU 32/2009, UU 26/2007 juga harus menjadi pegangan Pemkot Manado dalam mengantisipasi dan mengendalikan ancaman bahaya, sebab pasal-pasalnya mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan termasuk ruang terbuka hijau.

“Undang-undang ini juga mengatur tentang sanksi bagi para pelanggar baik pemerintah sendiri maupun pengusaha mulai dari kurungan badan sampai denda, dan itu wajib dilakukan Pemkot Manado,” kata Sinjal.

Dengan demikian menurutnya, maka bencana banjir bisa dicegah nantinya minimal dikurangi sehingga kerugian baik material maupun nonmaterial bisa dikurangi.

Solusi berikutnya, kata Sinjal, harus ada penataan ruang yang telah tertuang secara tegas dalam Peraturan Daerah (Perda) Tata Ruang sehingga hal itu bisa dioptimalkan untuk antisipasi bencana dan mencegah jatuhnya korban.

“Namun masalahnya hingga sekarang, Perda RTRW di Manado, belum disahkan, sehingga masalah pun berkembang sampai parah dan minta korban jiwa,” kata Sinjal.

Karena itu selaku wakil rakyat dari Sulut, ia berharap pemerintah bisa memperhatikan hal ini sehingga kedepan, bencana bisa dihindarkan dari Manado dan pembangunan pun harus sangat memperhatikan aspek lingkungan.

Sumber : Berita Dewan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s