Baleg Bahas Wadah Tunggal Advokat & Status Advokat Asing

169c870c05dec23acdac104b59f43cfd

Paula Sinjal, SH., M.Si/Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat

JAKARTA – DPR tengah fokus membahas revisi Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Baleg bahkan telah menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) untuk dimintai masukannya.

“Dalam rapat tersebut disampaikan sejumlah hal yang perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya penyusunan revisi undang-undang ini” kata anggota Baleg DPR, Paula Sinjal, kemarin.

Menurut Paula, perselisihan antar organisasi advokat menjadi dasar dalam melakukan revisi terhadap UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat ini. Terlebih soal wadah tunggal organisasi Advokat. Dia bilang, perlu dipikirkan kembali apakah wadah tunggal tersebut masih relevan dengan kebutuhan Advokat saat ini.

“Wadah tunggal seperti Peradi dapat dipertahankan hanya khusus untuk hal sertifikasi profesi, supaya standarnya sama. Namun, untuk organisasi Advokat sebagai wadah berhimpun tidak harus dimonopoli oleh satu organisasi saja.”

Paula mengatakan, dalam revisi UU Advokat juga perlu dipikirkan isu kesetaraan dengan penegak hukum lainnya. Dalam UU No. 18 tahun 2003 status Advokat adalah penegak hukum yang bebas dan mandiri. Namun, pada prakteknya, Advokat dipandang lebih rendah dibandingkan dengan penegak hukum lainnya seperti kepolisian.

“Juga perlu diatur mengenai pelanggaran Advokat asing yang beracara di Indonesia. Pada prakteknya saat ini Advokat asing yang berkantor di luar, namun bisa beracara di Indonesia, sehingga tidak tersentuh oleh Undang-Undang dan hal ini mematikan jenjang karier advokat dalam negeri,” katanya.

Dia menambahkan, perlu juga diatur imunitas Advokat yang saat ini masih samar-samar. Begitupun dengan pola rekrutmen Advokat, apakah suda memenuhi kualitas.

“Pada intinya Revisi UU No. 18 tahun 2003 tentang advokat, semata-mata didorong oleh adanya keinginan positif untuk memperbaiki kualitas, mendorong kinerja, menunjukkan martabat sekaligus meningkatkan kesejahteraan bagi Advokat sendiri, baik dalam hal karier maupun kesejahteraan secara sosial dan ekonomi,” pungkasnya.

Sumber : rakyat merdeka

By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s