MPR Ajak Mahasiswa Politeknik Pahami 4 Pilar Berbangsa

Dua narasumber dari MPR RI Paula Sinjal dan Ratu Boki Nita bersama mahasiswa dan dosen Politeknik Negeri Manado/Sumber Foto Istimewa

MANADO – Anggota MPR/DPR RI Paula Sinjal SH Msi dan Ratu Nita Boki, Kamis 6 Desember 2012 siang ini mengajak mahasiswa Politeknik Negeri Manado untuk memahami 4 pilar berbangsa dan bernegara dalam sosialisasi yang memang tengah gencar dilakukan MPR RI.

Dalam sosialisasi ini, baik Sinjal maupun Ratu mengajak mahasiswa untuk lebih aktif lagi dalam memahami 4 pilar masing-masing Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Mahasiswa politeknik dan para dosen sendiri tampak aktif dalam kegiatan ini. Mereka mempertanyakan terkait dengan arti kebangsaan yang saat ini tergerus oleh budaya luar dan pemahaman yang tak disaring sdan menjadi tren saat ini.

Sejumlah dosen juga mempertanyakan mengenai status pancasila dan undang-undang dasar yang harus disejajarkan padahal secara konstitusional adalah bagian yang terpisah.

“Secara konstitusional pancasila maupun undang-undang itu beda. Kenapa kemudian disebut sebagai bagian dari pilar kehidupan berbangsa,” kata Ferry Tulangow, dosen jurusan administrasi bisnis.

Sebelumnya, Ratu Boki dan Paula Sinjal memberikan pemahaman kehidupan berbangsa dengan mencontohkan penggunaan budaya daerah tanpa mencontohi orang luar.

“Misalnya untuk orang Manado kita jangan malu pakai batik manado. Juga jangan hanya jadi follower tren anak muda korea misalnya. Atau mungkin kita terlalu banyak pakai kosmetik luar negeri padahal produk dalam negeri lebih hebat,” kata Ratu dan Sinjal.

Kegiatan ini sendiri berlangsung lebih dari waktu yang disediakan, karena banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam dialog ini.

Sumber : Berita Kawanua

Advertisements
By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s