Kontras Paparkan Temuan Soal Poso ke Komisi III

RDPU Komisi III dengan Kontras/Sumber Foto Istimewa

JAKARTA – Komisi untuk orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai bahwa teror dan kekerasan yang terjadi di Poso, Sulawesi Tengah, belakangan ini muncul karena persoalan-persoalan yang menjadi ikutan dari proyek pasca-konflik, terjadinya evolusi jaringan terorisme, serta persoalan kebijakan penanganan terorisme di Poso itu sendiri.

“Salah kelola proyek pasca-konflik di sini, pasca-kesepakatan Malino I yang ditindaklanjuti Inpres Nomor 14 Tahun 2005 tentang langkah-langkah komprehensif yang mesti dilakukan kementerian terkait, Panglima TNI, Kapolri, dan BIN. Namun proses hukumnya belum tuntas, dan terjadi salah arah dalam program pasca-konflik, deradikalisasi menjadi re-radikalisasi,” ujar Koordinator Kontras Haris Azhar saat RDPU di Komisi III DPR RI, Selasa (27/11).

Termasuk dalam hal ini, hak-hak perdata korban konflik dan masyarakat yang tidak jelas. Masalah serius dan diabaikan pemerintah lokal di Poso adalah pengembalian dan pemulihan hak-hak keperdataan korban konflik. “Sampai saat ini belum terlihat keseriusan pemerintah untuk mengupayakan memulihkan hak keperdataan warga, konsep pemulihan tidak dirumuskan dan tidak menjadi program utama dalam agenda pemerintah. Kondisi ini telah menciptakan ketimpangan sosial bagi masyarakat Poso,” kata Haris.

Menurut Haris, dalam masalah di Poso ini, pemerintah telah gagal melakukan pendekatan ke masyarakat korban konflik. Akibatnya, mereka yang kemudian menjadi radikal ini, dikelola oleh kelompok-kelompok yang terorganisir dari luar Poso.

“Saat konflik terjadi mereka dibekali latihan militer dan doktrin ajaran yang keras. Bagi mereka, korban konflik yang dendam menganggap dukungan ini mampu mewujudkan keadilan untuk anggota keluarga yang terbunuh saat konflik. Namun juga beberapa di antaranya terus mengikuti agenda-agenda dari organisasi di mana mereka terhimpun,” pungkasnya.

Sumber : Jurnal Parlemen

Advertisements
By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s