Komisi III DPR Minta 13 Anggota Komnas HAM Langsung Tancap Gas

Paula Sinjal/Sumber Foto Koleksi Pribadi

JAKARTA – Komisi Hukum DPR mewanti-wanti 13 Komisioner Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) yang baru saja terpilih agar bekerja efektif dalam menyikapi kasus pelanggaran HAM di masa mendatang. Komisioner Komnas HAM diingatkan jangan banyak umbar wacana dan rekomendasi.

”Saya mendorong agar komisioner bisa lebih menunjukkan keberpihakan melalui action sebagai yang nyata. Komnas HAM jangan hanya sekedar berwacana dan rutin mengeluarkan rekomendasi. Harus ada aksi konkrit dilapangan” kata anggota III DPR, Paula Sinjal, kemarin.

Politisi Partai Demokrat ini menilai 13 Komisioner Komnas HAM Periode 2012-2017 yang telah terpilih, pintar dan menguasai persoalan HAM secara teoritis. Dia berharap, kemampuan teoritis tersebut bisa diimbangi dengan kemampuan aplikasi sehingga penegakan HAM bisa berjalan baik.

Menurutnya, Komnas HAM kedepan harus merumuskan dan menjalankan kerja-kerja strategis dan efektif dalam menghadapi kecenderungan masalah HAM. Seperti penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu, pelanggaran hak atas peradilan yang adil dan tidak memihak, hak atas kebebasan beragama atau berkeyakinan, penyiksaan, konflik agraria dan sumber daya alam, hak-hak masyarakat adat, hak politik dan kebebasan berekpresi.

”Komisioner kalau semua pada waktu Fit and Proper Test menjawab berbagai pertanyaan anggota dengan mantap dan optimis, maka dalam kesehariannya harus mampu menegakkan HAM”. Ingatnya.

Paula, meminta komisioner Komnas HAM secepat mungkin melakukan kordinasi agar dapat bekerja menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM. Kata dia, 13 Komisioner layak dan punya kapabilitas untuk mengawal penegakan HAM di Indonesia.

”Jangan sampai menunggu waktu lama untuk proses adaptasi, karena semua melakukan aktifitas pro HAM. Komisioner harus punya daya dorong dan aksi yang lebih berani lebih dari yang sebelumnya. Pekerjaan yang menumpuk dan tidak ditindak lanjuti komisioner sebelumnya harus ditindaklanjuti.

Sumber: Rakyat Merdeka

Advertisements
By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s