DPR RI Belum Sepakat Soal JES dan KASN

Paula Sinjal SH., M.Si. Anggota Komisi II DPR RI
/Sumber Foto Koleksi Pribadi

MANADO – Jika Rancangan Undang- Undang Aparat Sipil Negara (ASN) sudah disahkan, maka sebutan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan berganti menjadi ASN. Menurut anggota Panja RI, Paula Sinjal, SH., M.Si., perubahan ini tak sekedar ganti nama saja, namun mencakup seluruh aspek tentang kepegawaian nasional. ”Panja ingin mengubah paradigma kepegawaian nasional yang selama ini terlanjur disebut tidak profesional dan bekerja asal bapak senang,” kata Sinjal saat dihubungi harian ini, kemarin.

Menurut Sinjal, tidak akan ada lagi istilah pegawai negeri. Yang ada adalah Aparat Sipil Negara (ASN).

”ASN ini terdiri dari pegawai struktural, pegawai fungsional, dan pegawai administrasi pemerintahan,” katanya.

Dia menegaskan bahwa RUU ini masih sementara dibahas. Jadi tidak benar menurut anggota Fraksi Partai Demokrat ini kalau RUU ASN sudah disahkan.

”masih ada beberapa poin yang belum disepakati. Panja akan melakukan pembahasan pekan depan,” ujarnya.

Hal-hal yang masih menjadi perdebatan, kata Sinjal, soal penggunaan istilah tenaga honorer atau non-PNS. ”Pilihan istilahnya sementara ini antara pegawai tidak tetap atau pegawai non-permanen,” katanya.

Berikutnya menyangkut usia dan sistem pensiun Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Jabatan Eksekutif Senior (JES). ”yang paling krusial soal KASN dan JES,” Sinjal menegaskan.

Menyangkut sistem pembayaran pensiun, lanjut dia, Panja tidak pernah membahas nominal jumlah yang akan diperoleh masing-masing pegawai. Yang dibahas adalah sistem pensiun dengan menggunakan sistem pay as you go dan refaund, ”Posisi RUU ASN ini cukup strategis sehingga tidak bisa diselesaikan ala kadarnya,” ucap Sinjal.

Dia melanjutkan bahwa perubahan sistem ini perlu dilakukan untuk perbaikan kinerja, tanpa mengesampingkan pembinaan karier PNS yang ada. ”Hal ini juga merupakan salah satu instrumen perekat NKRI,” pungkasnya.

Sumber : Radar Manado

By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s