Bisa Perbaiki Aturan di Daerah, Komisi II : Segera Revisi UU PEMDA

Paula Sinjal, SH., M.Si./Sumber Foto Koleksi Pribadi

JAKARTA – Anggota Komisi II DPR Paula Sinjal menilai Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah perlu segera direvisi, diharapkan, revisi UU Pemda bisa memperbaiki aturan-aturan yang menjadi acuan pemerintah daerah (Pemda).

Dikatakan setidaknya ada 22 isu strategis yang harus menjadi konsentrasi dalam pembahasan revisi UU Pemda itu.
Dari 22 isu strategis tersebut ada enam isu utama yang penting untuk menjadi fokus pembahasan Panitia Kerja nantinya. keenam isu strategis tersebut adalah pertama Isu Pembentukan Daerah Otonomi.

”Isu ini sangat penting, karena persoalan-persoalan yang muncul dalam pembentukan daerah otonom baru selama ini dikarenakan undang-undangnya masih belum memberikan acuan yang baku, sehingga sering terjadi persoalan dikemudian hari,” paparnya.

Kedua Isu Pembagian urusan pemerintahan, “otonomi daerah yang menjadi isu sentral orde reformasi ini masih membutuhkan pengaturan yang tepat, mengingat pembagian urusan pemerintahan pusat dan daerah masih banyak yang tumpang tindih.” Ujar paula.

Ketiga Isu peran Gubernur sebagai wakil Pusat, isu ini sangat krusial mengingat, tuntutan otonomi daerah yang memberikan kekuasaan penuh bagi pemerintahan kabupaten/kota mengakibatkan terjadinya komunikasi yang kurang bagus antara bupati/walikota dengan gubernur sebagai wakil dari pemerintahan pusat. “Ini perlu dipertegas aturannya.” Jelasnya.

Keempat, masalah penerbitan Peraturan Daerah. Menurutnya, persoalan di daerah muncul, karena penerbitan perda yang tidak sesuai dengan undang-undang.

Kelima, isu keuangan Daerah, Masalah perimbangan keuangan antara pusat dan daerah perlu pembahasan yang jelas. Jika tidak, dikhawatirkan persoalan ini terus jadi polemik antara pusat dan daerah.

Keenam, masalah Desa, persoalan desa dan Penguatan kembali pemerintahan dan masyarakat Desa (Revitalisasi PerDesaan), harus dimaknai sebagai wujud semangat otonomi yang utuh dan tidak setengah hati seperti yang terjadi saat ini.

Sumber: Rakyat Merdeka

By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s