Pemerintah Perlu Segera Audit ORMAS Penerima Bansos dan Hibah

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

JAKARTA – Seperti jamur di musim hujan, mungkin ini adalah ilustrasi yang tepat untuk menggambarkan banyaknya organisasi masyarakat (ormas) yang tercatat di Direktorat Jenderal Kesbangpol saat ini. Sebanyak 9 ribuan ormas kini tercatat di Kemendagri, dan ini belum termasuk ormas lainnya yang tidak terdaftar. Keberadaan ormas sebenarnya adalah hal yang wajar, karena menjadi wadah dalam menyalurkan kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat. Namun ironisnya, keberadaan ormas saat ini malah dimanfaatkan secara tidak bertanggung jawab. Bahkan menjelang pemilu, banyak ormas yang didirikan tiba-tiba, untuk mencari sumber pendapatan melalui bansos dan hibah yang diberikan pemerintah kepada ormas.

“Dalam hal penerimaan hibah dan bansos, perlu dipertegas syarat-syarat bagi penerimanya. Selain itu perlu dicantumkan aturan dan sanksi yang tegas, apabila ada ormas yang melanggar ataupun menyalahgunakan kewenangannya dalam menerima bantuan pemerintah tersebut”. Disinilah peran penting keberadaan RUU Ormas. RUU Ormas dapat menjadi filter (penyaring) bagi mafia bansos, agar jangan lagi ada ormas yang menjadikan hibah dan bansos sebagai dana gratis atau aji mumpung belaka, Ujar Paula Sinjal anggota Komisi II DPR RI.

Selain itu, untuk pemerintah sendiri, para penerima hibah dan bansos harus segera dipublikasi, sehingga bisa diketahui sekaligus dikontrol langsung oleh masyarakat. “Saya setuju dengan kebijakan Mendagri yang  akan menggandeng BPK dan KPK untuk mengaudit ormas-ormas penerima bansos dan hibah, hal ini perlu dilakukan segera. Sehingga dengan adanya kebijakan ini natinya, dapat meminimalisir penyelewengan dana penggunaan dana hibah dan bansos yang tentunya juga berasal dari rakyat”.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s