Pengembangan Industri Rumah Tangga

Sumber foto : koleksi pribadi

MANADO – Di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit dan terbatasnya lapangan pekerjaan, industry rumah tangga mungkin merupakan salah satu alternative yang tepat dalam menyediakan solusi keterbatasan pendapatan bagi sebagian besar masyarakat  . Industri Rumah tangga khususnya industry pangan saat ini menjadi salah satu bidang alternative yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan, sekaligus dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kecil dan menengah. Di sisi lain, keberadaan industry rumah tangga juga mampu mengangkat kearifan  local dan tentunya hasil budidaya ataupun kekhasan suatu daerah.

Contoh saja di Sulawesi Utara, berbagai panganan khas provinsi yang tentunya tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, seperti abon cakalang, sambal roa ataupun dodol pala merupakan berbagai macam panganan yang dihasilkan melalui industry rumah tangga. Sekalipun dihasilkan dalam skala kecil dan diolah secara sederhana, namun rasa serta kualitas dari berbagai panganan ini ternyata tidak kalah bersaing dengan produk-produk makanan baik local maupun internasional sejenis, yang berlabel besar ataupun yang diproduksi dalam jumlah massal. Bahkan, hasil produksi rumah tangga ini, dinilai mempunyai cita rasa yang lebih khas, karena dibuat langsung tanpa menggunakan mesin dan cenderung lebih teliti.

“ Produk-produk dari industri rumah tangga nyatanya mempunyai mutu dan kualitas rasa yang tidak kalah bersaing dengan hasil industry pabrik dalam jumlah besar. Bahkan dalam hal rasa, panganan industry rumah tangga ini mempunyai rasa yang lebih khas dan enak. Untuk itu, industry rumah tangga yang ada perlu dikembangkan dan mendapat support dari pemerintah, terutama dalam hal pendanaan “ ujar Paula Sinjal, anggota Komisi II DPR RI yang juga merupakan perwakilan dari Sulawesi Utara.

Selain itu dengan adanya industry rumah tangga yang semakin berkembang tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat, karena menjadi sumber lapangan kerja dan pendapatan yang baru, sehingga berpengaruh pada tingkat perekonomian masyarakat di suatu daerah. Jadi mulai saat ini, jangan ragu-ragu memberikan dukungan yang maksimal untuk Industri Rumah tangga bagi masyarakat kecil dan menengah, ujarnya.[*]

By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s