Perekaman data E-KTP diperpanjang

Masyarakat di Kota Manado, Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan yang belum sempat melakukan perekaman data dalam rangka program E-KTP masih diberikan kesempatan untuk melakukan perekaman data sampai dengan tanggal 30 April 2012. Kepastian perpanjangan waktu pelayanan E-KTP ini diperkuat melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI No. 471.13/5079/SJ tanggal 20 Desember 2011 yang telah disampaikan kepada bupati dan walikota di 197 kabupaten/kota se Indonesia termasuk 5 kabupaten/kota di Sulut tersebut dengan tembusan kepada gubernur masing-masing.

Dalam surat tersebut juga dimintakan kepada kabupaten/kota tersebut untuk melakukan penghitungan kembali jumlah penduduk wajib KPT yang belum selesai dilayani sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan sebelumnya yakni tanggal 31 Desember 2011 dan kemudian menjadwalkan ulang pelayanan bagi mereka. Pelayanan perpanjangan waktu perekaman data ini tidak dipungut biaya. Gubernur Sulawesi Utara melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtaraan Rakyat Drs. M.M. Onibala, M.Si yang didampingi oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Humas B. Mononutu, SH menghimbau masyarakat wajib KTP yang belum sempat melakukan perekaman data untuk memanfaatkan waktu yang diberikan sesuai dengan pengaturan jadwal oleh pemerintah kabupaten/kota melalui kecamatan masing-masing. Keputusan yang diambil oleh Pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karena sesudah perpanjangan waktu yang telah ditetapkan ini pelayanan pengurusan E-KTP nantinya akan dipungut biaya administrasi, demikian Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtaraan Rakyat Sekdaprov Sulut Drs. M. M. Onibala, M.Si. Ditambahkannya, kabupaten/kota yang lain di Sulawesi Utara (di luar 5 kabupaten/kota tersebut di atas) sedang dipersiapkan juga untuk melaksanakan program E-KTP dan sedang menunggu pengadaan perangkat komputer dan alat-alat lainnya yang akan digunakan untuk program tersebut.

Pemerintah Pusat telah mentargetkan sampai dengan tahun 2014 semua penduduk wajib KTP di seluruh Indonesia akan memiliki KTP Elektronik yang merupakan kartu identitas yang dapat digunakan di seluruh Indonesia karena telah menggunakan sistem online. (Kabag Humas Ch. Sumampow, SH.M.Ed) (suaramanado)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s