Paula Sinjal Beri Kuliah Umum di Akbid Trinita

Sumber Foto : Koleksi Pribadi

MANADO – Anggota Komisi II Bidang Hukum dan HAM DPR RI utusan Sulut, Paula Sinjal SH MSi memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Trinita Manado, Senin (18/12/2011).

Legislator Senayan dari Partai Demokrat ini memberikan materi kuliah Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineke Tunggal Ika.

Paula menjelaskan panjang lebar tentang kedudukan, fungsi dan perjalanan 4 pilar bangsa dalam sejarah Republik Indonesia. Usai pemaparan materi, mahasiswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan kepada Paula yang masuk sebagai anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Kesempatan itu dimanfaatkan mahasiswa bertanya soal pemerataan program pemerintah untuk warga miskin, pemberantasan korupsi dan penyaluran dana (APBN) untuk sektor pendidikan yang sudah diplot 20 persen dari total anggaran.

Paula menjelaskan, pemerintah berupaya mensejahterakan warganya seadil-adilnya lewat berbagai program jaminan sosial dan jaminan kesehatan. “Diantaranya, program Beras Miskin (raskin), program keluarga harapan (PKH), Jamkesda, Jamkesmas dan lainnya,” ujarnya.

Ia meminta mahasiswa turut mengawasi jalannya program-program tersebut di masyarakat. “Kalau adik-adik menemui ada yang tidak beres silahkan laporkan. Dengan begitu Anda membantu upaya membangun tanpa korupsi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Paula memastikan Baleg sedang membahas  RUU Tenaga Kesehatan, UU Pemilu dan Ormas. “Nantinya UU Tenaga Kesehatan terpisah dari UU Kesehatan yang mengatur tentang profesi seperti perawat, apoteker, ahli gizi, sanitarian, fisioterapis, dan bidang,” katanya seraya memastikan saat ini Komisi II sedang fokus mengawal pelaksanaan program e-KTP di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, kegiatan sosialisasi berbentuk kuliah umum digelar sebagai tugas pokok anggota DPR/MPR RI yang dilaksanakan rutin setiap tahun selama masa reses.

Terpisah, Apriano Ade Saerang, Pembinan Yayasan Prisma Sulut, induk Akbid Trinita bangga atas kunjungan anggota DPR RI tersebut. “Kami berterima kasih atas kesediaan waktu beliau (Paula Sinjal) yang bisa membagi pengetahuan kepada ratusan mahasiswa. Kami yakin apa yang Ibu Paula bagikan bermanfaat,” ujar Saerang didampingi Direktur Akbid Trinita, Demsy Sasewa.

Saerang berterima kasih atas komitmen Paula Sinjal yang bersedia memfasilitsi permohonan bantuan untuk Akbid Trinitas di Badan Anggaran.[tribun manado]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s