Stop Kekerasan Terhadap Kaum Perempuan !

Manado – Gelaran Kongres Perempuan di Sulut dalam rangka memperingati 16 hari kekerasan terhadap perempuan, Jum’at (25/11) kemarin di lantai VIII Hotel Gran Central Manado berlangsung sukses. Buktinya, sejumlah pemikiran baru terkait penanganan kekerasan terhadap perempuan (KTP) dan Anak di era modern ini berhasil ditorehkan.
Kongres yang diselenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Swara Parangpuan ini memang mengambil tema yang cukup tegas, yaitu “Kekerasan Seksual; Kenali dan Tangani”.

“Kongres Perempuan ini adalah yang pertama di Sulut. Banyak sasaran yang ingin dicapai dari kongres ini, seperti bagaimana penanganan terhadap kaum perempuan, serta rekomendasi-rekomendasi kepada pemerintah diantaranya, adanya alokasi anggaran yang jelas dari pemerintah melalui APBD maupun APBN untuk hal-hal yang menyangkut perempuan”, ujar Anggota DPRD Manado yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Fauzija Stela Pakaja, SE. kepada wartawan.

Lanjut Pakaja, sejumlah kasus kekerasan yang menimpa perempuan, seperti KTP, KDRT hingga seksual yang ditangani lembaga social masyarakat, seringkali terganggu aktifitasnya akibat tidak didukung anggaran yang memadai. Akan hal ini, pihaknya pun berjanji untuk siap memperjuangkan APBD 2012 nanti.

“intinya kami meminta komitmen berupa alokasi anggaran dari pemerintah. Dan saya sebagai anggota DPRD Manado juga dengan senang hati dan siap memperjuangkan anggaran itu dalam APBD 2012”, tegasnya didampingi Direktur Eksekutif LSM Swara Parangpuan Vivi George.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR RI Paula Sinjal, SH., M.Si. sebagai salah satu pembicara, menekankan perlu adanya penguatan perempuan dari segi perundang-undangan khususnya dalam hal KTP. Sebab selama ini dirinya menilai, Undang-undang (UU) yang ada sekarang masih cukup lemah untuk memproteksi perempuan. [Metro]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s