NIK Ganda tidak akan Ganggu Program E-KTP

JAKARTA – Plt Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Irman menjamin tidak akan ada e-KTP yang diterbitkan dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda.

“Di data base kita sudah kita pilah yang ganda kita kembalikan. E-KTP yang diterbitkanitu bukan data ganda,” tegasnya, Sabtu (17/9).

Menurutnya NIK ganda yang ditemukan kini sudah dikembalikan ke kabupaten atau kota setempat untuk diperbaiki dan ditunda pembuatan e-KTPnya. Irman mencontohkan mengenai penemuan 10 ribu NIK ganda di kota Pekanbaru.

Ia menjelaskan hal tersebut ditemukan sebelum pemutakhiran NIK dilakukan. “Kami sudah cek yang 10 ribu itu sebelum pemutakhiran dilakukan karena data yang dikasih itu pada November sedangkan pemutakhiran baru dilakukan pada November-Desember 2010,” paparnya.

Sebelumnya anggota Komisi II DPR RI, Abdul Malik Haramain mengungkapkan temuan adanya sekitar 10 ribu NIK ganda saat melakukan kunjungan ke Pekanbaru. Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, NIK ganda rawan ditemukan saat berlangsungnya pemilu dan pemilu kada. [Media Indonesia]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s