Rolling Manado Berpeluang Dianulir

JAKARTA — Rolling pejabat Pemkot Manado beberapa waktu lalu berpeluang dianulir Pemprov Sulut. Hal ini dikaitkan dengan dengan tanggapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kepada koran ini kemarin. Ia memberi penegasan bahwa rolling harus diusulkan ke gubernur sebelum dikonsultasikan ke Mendagri.

Menurut Gamawan, saat ini pihaknya masih terus mempelajari surat tembusan yg dilayangkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terkait rolling pejabat itu. “Suratnya sudah kami terima, tapi kami masih mempelajarinya karena surat itu kan sifatnya tembusan,” tutur Gamawan di kantor Kemendagri, Rabu (7/9).

Menanggapi sikap Pemprov Sulut yang melayangkan surat teguran pada Pemkot Manado, Gamawan mengatakan sikap pemprov tersebut adalah wajar karena menyangkut kewenangan gubernur yang adalah wakil pemerintah pusat di daerah. “Saya kira itu kewenangan gubernur. Jadi dengan mengirimkan surat teguran itu, gubernur sudah menjalankan aturan,” tambahnya.

Meski tak memberi komentar lebih dalam soal rolling di Pemkot Manado, termasuk indikasi adanya pelanggaran, tapi Gamawan menegaskan pemerintah kabupaten/kota serta pemerintah provinsi haruslah menaati aturan yang ada. “Saya juga mengikuti aturan. Semua harus on the track,” tegasnya.

Gamawan menekankan, mutasi Sekretaris Kabupaten/Kota harus menaati aturan. “Itu (rolling sekkab/sekkot) memang ada aturannya. Pemerintah kabupaten atau kota wajib mengusulkan pada gubernur, lakukan konsultasi dengan kami setelah itu nanti SK-nya dikeluarkan oleh gubernur,” jelasnya. “Kami belum mengambil sikap pada kasus ini. Hingga saat ini masih dipelajari dan dikaji,” tandasnya.

Sementara itu, beredar kabar bahwa mantan Sekkot Manado Harold Monareh sudah melayangkan gugatan terkait pergantiannya beberapa waktu lalu. Sayang, saat dikonfirmasi Monareh enggan memberi tanggapan.[manadopost]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s