Moratorium CPNS Tidak Tambahan Pengangguran Baru

Jakarta – Moratorium penerimaan CPNS yang dikeluarkan pemerintah pusat merupakan langkah penghematan anggaran negara serta proses pembenahan dalam pelaksanaan program reformasi birokrasi. Sebab itu moratorium ini harus direspon positif oleh berbagai pihak.

Sebab dengan kebijakan ini persoalan yang terjadi pada sektor kepegawaian terutama pada sisi manajerial kepegawaian akan dapat teratasi dengan baik. Demikian ditegaskan Paula Sinjal, anggota Komisi II DPR RI, Rabu (24/8).

“Sudah tentu ada pihak-pihak yang mengkhawatirkan kebijakan ini dan menganggapnya sebagai kegagalan refomasi birokrasi. Tapi harus diingat, moratorium adalah suatu solusi yang wajar dan rasional yang perlu dilakukan saat ini, yang dampak positifnya akan dirasakan kemudian,” tutur politisi Demokrat ini.
Dia mencontohkan kondisi pegawai di Pemprov Sulut yang mengalami kelebihan 1500 PNS. Dengan adanya moratorium, pemprov justru mendapat salah satu jalan keluarnya. Misalnya melakukan perampingan dan penempatan PNS berdasar kompetensi sesuai tugas pokok sehingga reformasi birokrasi yang bertumpu pada profesionalitas PNS bisa diwujudkan.

“Kebijakan moratorium ini juga tidak akan berdampak pada penambahan pengangguran baru bagi calon tenaga kerja terdidik, karena moratorium tidak diberlakukan pada bidang lain, seperti penerimaan PNS untuk tenaga pendidik dan tenaga medis,” pungkasnya.[manado.go]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s