Bakti sosial Pelayanan Kesehatan Mata Masyarakat dan Operasi Katarak di Amurang

AMURANG – Bakti sosial pelayanan kesehatan mata yang saya laksanakan di RS GMIM “Kalooran” Amurang, Kab. Minahasa Selatan, Prov. Sulut bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Prov. Sulut dilakukan pada hari Jumat 5 Agustus 2011, berupa pemeriksaan mata dan pembagian kacamata bagi yang membutuhkan. Jumlah pasien yang diperiksa sebanyak 308 orang, yang mendapat kacamata sebanyak 237 orang.  Pada hari Jumat tersebut tidak ada program operasi katarak, namun dari pemeriksaan terdapat 12 orang yang rencananya akan dioperasi katarak pada hari Senin 8 Agustus 2011.

Sesuai dengan pemberitahuan awal kepada masyarakat yang memeriksakan  mata dan juga tertulis dalam brosur ucapan terima kasih, dinyatakan bahwa  akan ada bakti sosial operasi katarak pada hari Senin 8 Agustus 2011 yang akan  dimulai pukul 10.00 WITA.  Namun dalam perkembangannya pasien yang dioperasi pada hari Senin tersebut hanya 9 orang, sedangkan pasien lainnya  ternyata mengidap kelainan sehingga tidak dapat dioperasi pada hari itu, namun mereka dianjurkan melanjutkan pengobatan ke BKMM di Manado.

 Antusiasme masyarakat Minahasa Selatan cukup positif terhadap kegiatan ini, sehingga mereka tetap datang pada hari Senin 8 Agustus 2011 dengan harapan masih dilakukan program pelayanan kesehatan mata  seperti yang terjadi pada  hari Jumat 5 Agustus 2011. Tetapi  karena keterbatasan waktu, tenaga dokter dan  tenaga medis dari pihak BKMM Prov Sulut maka pada hari Senin 8 Agustus 2011 hanyalahpelaksanaan operasi katarak saja, tidak lagi dilakukan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata, dan akan dijadwalkan lagi pada waktu mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s