Moratorium Penerimaan CPNS Kebijakan yang Rasional

PaulaSinjal.com – Kebiajakan Moratorium ini dimunculkan pada awalnya menimbulkan reaksi yang sangat beragam dikalangan masyarakat, hal ini dikarenakan asumsi dimasyarakat yang sangat beragam pula. Namun ketika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi mengeluarkan kebijakannya ini dengan argumentasi dan model yang rasional maka tentunya diharapkan reaksi yang muncul dimasyarakat tidak negative.

Kebijakan Moratorium ini dikeluarkan menyusul kajian yang dilakukan oleh kementerian keuangan seputar penggunaan APBN Tahun 2011 yang mayoritas hanya untuk Belanja Pegawai, sehingga dari kajian ini memunculkan asumsi bahwa APBN yang 1200 triliun pada tahun 2011 ini akan habis hanya untuk menggaji pegawai saja, sementara untuk pembiayaan yang lainnya akan sangat minim dari APBN.

Selain menggunakan argumentasi diatas, Moratorium penerimaan CPNS ini juga merupakan kebijakan Kementerian Pendayagunaan aparatur Negara & RB dalam rangka pembenahan dan pengkajian ulang terhadap fungsi dan peran Pegawai Negeri Sipil yang sudah ada dan menurut Menteri, kebijakan moratorium penerimaan CPNS ini dilakukan dengan istilah Moratorium dengan pengecualian, karena rencananya akan dilaksanakan selama satu tahun terlebih dahulu, dan akan diberlakukan mulai 2011. Jika selama satu tahun tersebut, penataan tentang kepegawaian berikut aturannya telah selesai, maka moratorium dapat dihentikan.

Menurut saya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini sudah sangat rasional, mengingat Beban APBN yang tidak seimbang antara Anggaran Untuk Belanja Pegawai dengan Belanja Barang, disamping itu dalam rangka membenahi system kepegawaian yang ada disamping itu rencana moratorium penerimaan CPNS didasari dengan alasan diantaranya karena komposisi dan distribusi pegawai yang tidak proporsional dan penempatan PNS yang tidak sesuai kompetensi, untuk itu saya sangat mendukung kebijakan ini. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s