“Suaraku”

Minsel – Bakti sosial pelayanan kesehatan mata yang saya laksanakan bekerja sama dengan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Prov. Sulut dan Universitas Sam Ratulangi dilakukan pada hari jumat 5 agustus 2011, berupa pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata secara cuma-cuma bagi yang membutuhkan. Pada hari jumat tersebtu tidak ada program operasi katarak. Jumlah pasien yang diperiksa sebanyak 308 orang, yang mendapat kacamata sebanyak 237 orang.

Hari senin 8 agustus adalah kegiatan bakti sosial operasi katarak. Dari pemeriksaan pada hari jumat ada 12 orang yang rencananya akan dioperasi katarak pada hari senin 8 agustus 2011.  Sesuai dengan pemberitahuan dari awal dan brosur ucapan terima kasih, bahwa acara dimulai pukul 10.00 WITA. Dalam perkembangannya pasien yang dioperasi pada hari senin sebanyak 9 orang, hal ini dikarenakan pasien2 yang lain ada kelainan sehingga tidak dapat dioperasi pada hari itu namun mereka dianjurkan datang ke BKMM di Manado.

Antusiasme masyarakat minsel yang positif terhadap kegiatan ini sehingga mereka datang dengan harapan pada hari senin dilakukan program pelayanan kesehatan mata yg sama, tapi karena keterbatasan waktu dan komitmen perjanjian dengan BKMM prov sulut bhw program hari senin adalah operasi katarak, maka tdk bisa dilakukan program spt hari jumat, krn keterbatasan waktu dan tenaga dokter, sehingga kami memberitahukan akan ada lagi pelayanan yg sama di kali berikutnya dan akan diberitahu kemudian. Namun tim dokter dan tenaga medis dari BKMM tetap melayani masyarakat yang ingin memeriksakan matanya, hanya pada hari senin 08 agustus itu tidak lagi dibagikan kacamata hanya diberikan resep untuk kacamata.

Kegiatan serupa saya lakukan bukan hanya di Minsel tapi juga di kota Tomohon, yaitu Program pertama pelayanan kesehatan mata dan pembagian kacamata pada hari sabtu 6 agustus 2011 dengan data2 : jumlah pasien yang diperiksa sebanyak 368 orang dan pasien yang dapat kacamata 320 orang. Dan program kedua adalah operasi katarak pada hari selasa 9 agustus 2011, dimana terdapat 11 orang pasien yang di operasi katarak.  Dari laporan team dokter BKMM semua terlayani dengan baik.

Program ini adalah program bakti sosial yg muncul dari hati nurani saya dan kegiatan spt ini sudah saya lakukan jauh sebelum saya jd anggota dewan. Ini murni Pelayanan sebagai warga Kristiani, dimana letak Pembohongan yg dimaksud ? janganlah membawa kegiatan sosial saya masuk terlalu jauh jadi hal negatif dan janganlah di politisasi.. Justru saya melakukan dengan tulus bukan basa basi atau terpaksa. Mari selalu berpikir positif, kalau semua harus negatif, saya memang tdk layak krn saya manusia biasa bukan dewa.Kalau saudara2 minsel harus pulang tdk dilayani, itu krn program kami pada hari senin tsb memang utk operasi katarak dan dimulai dari jam 10.00 WITA ( lihat pemberitahuan dan surat ucapan terimakasih- brosur). Rasanya tdk ada yg salah. Ini murni keluar dari niat saya dan dari hati saya yg tulus.

Tapi kalau ini dianggap kebohongan, saya memang tdk sempurna, krn saya bukan malaikat atau dewa sehingga dpt sempurna melakukan berbagai kegiatan. Pasti ada ketidak sempurnaan. Atas nama pribadi saya, saya mohon maaf, kiranya kegiatan ini bisa dirasakan kebaikannya walaupun sedikit saja buat rakyat minsel. Saya tdk ingin mendapat pujian dan ucapan terimakasih atau nilai yg maksimal, tapi saya ingin ini menjadi sesuatu yg walaupun kecil dan tdk sempurna tapi sudah dapat dirasakan oleh rakyat minsel. Lebih baik melakukan walau belum sempurna, daripada hanya janji janji dan tdk melakukan sama sekali. Sekali lagi permohonan maaf saya sampaikan jikalau ada masyarakat yg belum terlayani, semoga kemudian hari masih saya lakukan kegiatan yg sama buat saudara2 di Minsel. Tuhan Memberkati.(*)

Leave a Reply

