Pelantikan DPD PD Sulut diundur 6 Agustus Ibas: Insya Allah, Saya dan Pak Anas Hadir

BOGOR – Meski disibukkan dalam Rakornas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, namun Sekjen DPP Partai Demokrat, Edi Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas, mau meluangkan waktu untuk diwawancarai secara khusus oleh Komentar, Sabtu (23/07).

Ketika disapa ‘’Hallo, Mas Ibas’’, putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini seraya melempar senyum, balik membalas. “Oh yah, hallo.’’ Saat diperkenalkan dari Sulawesi Utara, Ibas pun langsung merespons dan bersedia untuk wawancara meski singkat. “Gimana?’’ tanyanya ramah.

‘’Mau tanya soal Musda Sulut mas. Kemarin ada pernyataan menggelikan dari Nazaruddin soal setor-setoran uang dalam musda.’’ Dalam hitungan detik, Ibas langsung mengcounter tudingan mantan Bendahara Umum DPP PD tersebut. “Tidak ada itu yah. Tidak ada,’’ tandas Ibas seakan tidak ingin lagi memperpanjang isu tersebut.

Pertanyaan pun langsung dialihkan, yakni seputar pelantikan Ketua DPD PD Sulut bersama jajaran pengurusnya. Ibas pun menegaskan, dirinya akan hadir langsung di Manado terkait acara tersebut. ‘’Insya Allah saya hadir. Saya dan pak Anas,’’ katanya. Sedangkan ditanyai soal tanggal pasti pelantikan, Ibas mengatakan ada perubahan dari tanggal 29 Agustus menjadi 6 Agustus 2011.
‘’Diundur tanggal 6 Agustus. Udah yah… insya Allah saya hadir,’’ katanya seraya berlalu. Ibas sendiri saat itu baru saja melakukan pertemuan khusus bersama jajaran Pengurus DPD/DPC Partai Demokrat Sulut, termasuk Gubernur Jawa Timur, Sukarwo dan Gubernur Gorontalo Ahmad Munandar.
Diketahui, pelantikan Pengurus Partai Demokrat Sulut akan digelar pada tanggal 6 Agustus setelah pelantikan di Gorontalo dengan ketua terpilih Ahmad Munandar pada tanggal 4 Agustus dan tanggal 5 di Jawa Timur dengan ketua terpilih Sukarwo.

Sementara terkait pelantikan 6 Agustus di Manado, alasan pengundurannya, disebabkan penyesuaian jadwal Ketua Umum dan Sekjen Demokrat. “Pak Anas ada acara pada tanggal 29, begitu juga dengan Ibas yang saat itu harus turun ke dapil sebagai Anggota DPR RI. Tapi benar, konfirmasinya tanggal 6 Agustus sudah pasti,” kata Vecky Gandey, Kader Demokrat yang dipercayakan sebagai Wakil Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPD Demokrat Sulut.

Di satu sisi, dia mengatakan, ketua terpilih Vicky Lumentut bersama pengurus akan dilantik di Manado Convention Center (MCC) sekaligus dengan peresmian Sekretariat DPD Demokrat Sulut yang baru yang terletak di depan MCC. “Sudah fix ketum dan sekjen hadiri pelantikan DPD Sulut,” sambungnya. Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang diwawancarai terpisah memberi isyarat bila dirinya dan sekjen akan hadir dalam pelantikan DPD Demokrat Sulut. “Insya Allah saya hadir yah,” katanya sambil mengangguk kepala sembari menepuk punggung wartawan.

Pada bagian lain, percakapan santai dan penuh nuansa familiar sangat tampak terlihat antara Vicky Lumentut dan Anas Urbaningrum.

Bahkan kedatangan Vicky disambut hangat Anas saat coffee break dalam rakornas tersebut. Tak kurang dari 15 menit keduanya saling bercakap santai untuk membicarakan kemajuan Demokrat di Sulawesi Utara. Selain itu, perbincangan soal pernyataan Nazaruddin juga sempat dibicarakan keduanya.
Rakornas Partai Demokrat sendiri yang digelar Sabtu dan Minggu (23-24/07) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, berlangsung dengan sukses. Ketua Dewan Pembina SBY membuka langsung pelaksanaan rakornas tersebut dan ditutup Ketum Anas Urbaningrum, tadi (24/07) malam. Ribuan kader dan pengurus DPD/DPC Partai Demokrat se-Indonesia, tumpah ruah di Sentul International Convention Center, tempat pelaksanaan rakornas. Poin yang dibicarakan dalam rakornas yakni menyangkut penegakan kedisiplinan kader, serta permasalahan yang melilit Partai Demokrat belakangan ini.

Rakornas itu tidak berujung pada kongres luar biasa, dengan maksud melengserkan Anas Urbaningrum dari kursi ketua umum sebagaimana yang sempat diisukan sebelumnya. Sedangkan dari bisik-bisik, rakornas kali ini menelan anggaran sebesar Rp 5 miliar.[HARIAN KOMENTAR]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s