PAULA: Panja Pemilu Perlu Hadirkan Masyhuri Hasan

Jakarta  – Anggota Komisi II DPR RI, Paula Sinjal, meminta Panitia Kerja Mafia Pemilu untuk menghadirkan mantan juru panggil Komisi Konstitusi, Masyhuri Hasan, guna mengungkap siapa aktor utama pemalsuan surat MK sebenarnya.

“Panja perlu menghadirkan Masyhuri Hasan pada rapat berikutnya. Sebab, ini bisa mengurai benang kusut yang terjadi pada kasus dugaan pemalsuan dan penggelapan surat MK, mulai dari aktor mafianya sampai tingkat operatornya,” kata Paula yang juga anggota Panja Mafia Pemilu di Jakarta, Rabu.

Ia berpendapat, Panja Mafia Pemilu dibentuk oleh Komisi II DPR RI, untuk menyelidiki kasus dugaan pemalsuan dan penggelapan surat MK, karena menyangkut sengketa pemilu pada daerah pemilihan (Dapil) I Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam Pemilu 2009.

“Ini memang bukan penyidikan. Tapi, seandainya ada beberapa fraksi yang menginginkan untuk pembahasan kasus-kasus lain yang berkaitan dengan pelanggaran pemilu lainnya, tentunya harus menunggu penuntasan dari penyelidikan kasus Dapil Sulsel ini terlebih dulu,” katanya.

Artinya, menurut Paula, Panja sekarang fokus dulu pada penuntasan kasus ini, lalu silahkan membongkar yang lain, tanpa ada pembatasan.

Paula Sinjal juga mengapresiasi pihak Polri yang telah menangkap Masyhuri Hasan dan telah menetapkan beberapa tersangka lain terindikasi terlibat dalam kasus ini.

Ia menilai, Polri serius menangani kasus yang sempat mendapat sorotan publik, terutama setelah dibeber berbagai media.

“Khusus tentang Mashyuri yang ditangkap pekan lalu, saya anggap ini salah satu tokoh penting. Karena dialah yang diduga menyerahkan surat keputusan MK kepada mantan Hakim MK, Arsyad Sanusi. Dia juga yang diduga menyerahkan surat palsu MK kepada mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Andi Nurpati,” ungkapnya.

Ia yakin, Mashyuhri Hasan merupakan kunci untuk mengungkap misteriusnya kasus pemalsuan surat penjelasan MK ini.

“Dan menurut saya, apa yang dilakukan Polri menangkapnya, merupakan langkah positif dalam pengungkapan kasus tersebut. Saya berharap, Polri bisa mengungkap tuntas kasus ini secara profesional,” kata Paula Sinjal.  (M036/B/A041)(antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s