Refleksi hari Kartini 2011

Yang perlu kita perjuangkan sesuai dengan semangat kepeloporan Kartini, sebagai berikut :

  1. Melalui peringatan hari kartini kita harus merefleksikan sosok Kartini yang melalui berjuta-juta kata menyakinkan dengan indahnya bahwa, bangsanya ini bukan bangsa yang bodoh, namun adalah bangsa yang belum diberikan kesempatan untuk berpendidikan. Untuk merefleksikan dari kepeloporan Kartini tersebut, maka pada era sekarang perempuan Indonesia harus mampu meyakinkan bangsa-bangsa lain bahwa Indonesia adalah Negara yang kuat dan tidak terbelakang dalam hal pendidikan dan iptek.
  2. Dari Idialisme, kecerdasan, dan keluwesan Kartini dalam pergaulannya dengan teman-teman Belandanya menyampaikan fenomena secara implisit, bahwa Kartini sejatinya adalah seorang Diplomat dan Murni Nasionalis. Untuk merefleksikan kepeloporan Kartini ini maka kita sebagai perempuan Indonesia harus mampu menjadi Diplomat bagi diri kita untuk kepentingan Negara dan bangsa.
  3. Perempuan yang diingini Kartini tentu bukan Perempuan yang berjuang untuk egositas dirinya, namun perempuan yang mampu memperjuangkan seluruh kalangan di lapisan bangsanya yang masih tertindas, yang masih dieksploitasi untuk kepentingan individu, yang masih di belenggu oleh kebodohan, yang masih di penjara oleh kemiskinan, dan masih ditindas oleh arogansi kekuasaan baik oleh laki-laki atau perempuan yang kadang sering terpaksa dikalahkan oleh undang-undang atau aturan yang dibuat oleh laki-laki.
  4. Kita sebagai perempuan indonesia yang kebetulan berada pada posisi penentu kebijakan maka kita harus terus berjuang untuk mewujudkan bahwa perempuan Indonesia dihargai bukan untuk memenuhi Quota atau memenuhi keinginan yang dicanangkan lewat undang-undang saja (yang notabene juga dibuat berdasarkan pola pikir laki-laki). Tapi perempuan harus diperjuangkan keberadaannya, dimengerti kebutuhannya, dan dihargai kapasitasnya sesuai porsinya, tidak lebih dan tidak kurang.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s