LANAL Batam Bantu Amankan Kapal Perang AS

Batam – Lanal Batam membantu pengamanan Kapal Perang Amerika Serikat USS Reuben James FFG 57, yang bersandar di pelabuhan CPO Kabil, sekitar pukul 09.30, kemarin. Kapal berawak 150 orang tersebut, merapat seusai mengikuti latihan di Surabaya, Jawa Timur.

Saat merapat, kapal ini cukup mendapat perlakuan istimewa. Misalnya, warga bahkan wartawan yang datang, tidak dibolehkan naik ke atas kapal. Para awaknya juga tidak turun. Bahkan, kapal yang dikapteni Logan Jones, USA Navy Commander, ini juga meminta jalur khusus agar tak ada kapal lain yang bersandar di dekatnya.

Di atas kapal, moncong senjata diarahkan ke darat. Di darat sejumlah pasukan dari Lanal Batam membantu pengamanan, selain pasukan kapal perang Amerika itu sendiri. Sementara di laut, kapal ini dijaga KAL Seraya dan dipandu Kapal Wiruna I dan Teluk Jodoh I. Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Batam, Mayor Laut (P) Joko Sumitro mengatakan, kedatangan kapal ini telah mendapat izin dari Mabes TNI. ?Mereka ke sini hanya istirahat dan rekreasi saja, setelah habis latihan di Surabaya. Mereka rencananya di sini sampai tanggal 16 nanti, jelasnya.

Sebelumnya, USS Reuben James FFG 57 akan bersandar di pelabuhan Batuampar. Namun dianggap terlalu ramai, sehingga batal. Penyandaran pun dialihkan ke pelabuhan CPO Kabil dan pihak USS Reuben James FFG 57 meminta jalur khusus. Sehingga, dibuatkanlah jalur dengan menggunakan drum.

Kapoltabes Barelang Kombes Eko Hadi Sutedjo menambahkan, kapal perang Amerika Serikat tersebut telah mendapat izin sandar selama tiga hari. Kedatangan mereka hanya untuk transit dan pelesiran. Mereka hanya transit di sini. Angkatan Laut juga sudah menyampaikan, sudah ada izinnya. Jadi ini resmi, katanya.
sumber : www.tni.mil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s