Hari yang bersejarah untuk Kab. Minahasa Selatan

Hamparan kebun kelapa yang luas menjadi pemandangan utama bagi kabupaten yang dikenal sebagai penghasil kopra terbesar di Sulawesi Utara ini. Tidak hanya itu, kabupaten ini juga mewarisi sebagian sumber daya alam kabupaten induknya (Minahasa), seperti tambang emas di Kecamatan Ratotok, sentra tanaman hortikultura di Kecamatan Modoinding, dan potensi perikanan di Kecamatan Belang. Bahkan luas wilayah kabupaten ini melebihi Kabupaten Minahasa.

Pantai utara membentang dari Kecamatan Tumpaan, Tombasian, Tenga dan Sinonsayang, berbatasan dengan Laut Sulawesi. Keberadaan Teluk Amurang di Kecamatan Tumpaan dan Tombasian merupakan modal pembangunan Pelabuhan Laut Amurang. Letaknya menjorok ke dalam daratan seluas lebih kurang 5.000 hektar dengan kedalaman lebih dari 25 meter. Kondisi itu membuat kawasan ini selalu terlindung dari angin topan dan memiliki keluasan untuk lalu lalang kapal-kapal besar.

Dataran rendah Pantai Selatan Minahasa Selatan juga kaya akan bahan tambang emas. PT Newmont Persada Indonesia sudah sejak lama mengekplorasi tambang di Ratotok. Kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Sulawesi Utara ini mengandalkan pertanian terutama dari perkebunan dan tanaman pangan. Komoditas andalannya adalah kelapa.

Pohon kelapa tumbuh subur di seluruh kecamatan, kecuali Modoinding. Hasilnya melimpah, melahirkan industri-industri pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa dan kopra, baik yang berskala kecil maupun besar. Kelapa juga diolah menjadi arang tempurung dan tepung kelapa, bahkan tepung kelapa sudah diekspor ke mancanegara. Kecamatan Modoinding, lahannya memang tidak dihiasi dengan hijaunya perkebunan kelapa. Namun, areal perbukitannya tetap berwarna hijau oleh tanaman hortikultura seperti kentang, tomat, buncis, cabai, wortel, bawang daun, dan petsai.

Memasuki tahun ke-8 Kabupaten Minahasa Selatan dengan berbagai potensi alamnya yang sangat luar biasa ini, tentunya dengan dipimpin oleh Pemerintahan yang kuat harus terus memacu diri untuk maju demi kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam kesempatan ini izinkan saya Paula Sinjal,SH. Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Periode 2009 -2014 wakil dari masyarakat Provinsi Sulawesi Utara, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah di Kabupaten Minahasa Selatan, dengan momentum hari ulang tahun ini, mari kita memacu diri untuk terus bekerja keras demi kemajuan dan kesejahteraan kita semuan. (*)

Kami Mengucapkan :

Dirgahayu
Kab. Minahasa Selatan Ke-8


PAULA SINJAL, SH.
Anggota DPRRI Fraksi Partai Demokrat Periode 2009 – 2011


Advertisements
By Paula Sinjal Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s