Catatan singkat seputar Pengamanan perairan Indonesia dan Pulau-pulau terluar

paulasinjal.com Belajar dari pengalaman bahwa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari puluhan ribu pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke bukanlah persoalan yang mudah untuk dilaksanakan. Banyak persoalan yang muncul dan merupakan ancaman yang serius bagi keutuhan NKRI. Wilayah kita secara geografis terletak antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, dan antara dua benua, yaitu banua Asia dan benua Australia, secara geopolitik sangat menguntungkan, dengan letak geografis yang sangat strategis ini sangat mungkin munculnya ancaman rongrongan terhadap NKRI.

Untuk itu dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka dipandang perlu untuk segera dilakukan peningkatan pengamanan khususnya wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, misalnya pulau Rondo di Samudera Hindia yang berbatasan langsung dengan Negara India, Pulau Berhala di Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Pulau Nipah di Selat Singapura yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura dan Pulau Sekatung di Laut Natuna yang berbatasan langsung dengan Negara Vietnam.

Hal ini membutuhakn peningkatan dan pengamanan yang serius, karena potensi terjadinya penyerobotan akan keberadaan pulau-pulau tersebut sangatlah besar.
Dalam rangka memperkuat kedaulatan NKRI dalam wilayah-wilayah tersebut, dalam pertemuan dengan DALANAL yang dilaksanakan pada 11/12/2010 di Batam ini, ada sedikit catatan dan usulan penting, seputar strategi pengamanan perairan dan pulau-pulau terluar kita, diantaranya adalah :

  • Pencantuman nama Indonesia dalam nama pulau-pulau terluar, misalkan Pulau natuna di tambah dengan nama Pulau Natuna Indonesia.
  • Pencantuman nama Indonesia dalam nama perairan, misalkan Laut natuna di tambah dengan nama laut Natuna Indonesia.
  • Untuk mendukung pengamanan perairan dan pulau-pulau terluar maka perlu penambahan personil keamanan dan penyediaan semua fasilitas pendukung demi kelancaran pelaksanaan tugas penjagaan.

Hal ini dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI dan pencantuman nama Indonesia dalam nama pulau dan perairan tersebut untuk mempertegas posisi pulau tersebut agar terlihat jelas melekat keberadaan pulau dan perairan tersebut masih masuk dalam wilayah NKRI. (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s