“Indonesia Baru Tanpa Korupsi”

paulasinjal.com – Indonesia baru tanpa korupsi, slogan ini nampaknya sangat berat ketika kita melihat masih banyak terjadi kasus-kasus korupsi disegala lapisan, baik di pusat maupun di daerah dan ini adalah tantangan bersama. Komitmen yang terkandung dalam slogan tersebut adalah tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Korupsi merupakan penyakit sosial yang sangat kronis dan berdampak sangat sistemik bagi kesejahteraan masyarakat, hampir disetiap negara dibelahan bumi ini pasti ada praktek-praktek tersebut, sangking berbahayanya setiap tanggal 9 Desember dijadikan hari melawan korupsi, atau yang disebut Hari Anti Korupsi sedunia. Berarti dampak yang ditimbulkan oleh korupsi sangat buruk dan sampai kesegala lapisan.

Seiring dengan semangat pemberantasan korupsi yang saat ini menjadi konsen kita bersama dengan dukungan kebijakan Pemerintahan SBY yang juga sangat peduli terhadap pemberantasan korupsi, maka untuk mewujudkan “Indonesia Baru Tanpa Korupsi” tidak hanya sebatas slogan belaka, untuk itu kebijakan pemerintah dalam hal pemberantasan korupsi harus kita dukung bersama-sama.

Korupsi tidak memandang tempat dan daerah, oleh karena itu menurut saya dimanapun itu terjadi maka harus segera diberantas sampai ke akar-akarnya dan tidak pandang bulu. Artinya perbuatan korupsi adalah melanggar hukum, semua pelanggar hukum sama dihadapan hukum, kalau terbukti melakukan tindakan korupsi maka dalam pemberantasannya tidak harus melihat bahwa pelakunya dari golongan mana dan anak siapa ?.

Untuk kasus Sulawesi Utara menurut hemat saya sebagai Anggota Legislatif, untuk penanganan tindak pidana korupsi tentunya juga sama dengan apa yang saya sampaikan di atas dan karena ini adalah satu dari program yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintahan SBY-Boediono, maka sudah barang tentu para pelaku korupsi apabila sudah terbukti melakukan tindakan tersebut haruslah mendapatkan hukuman yang setimpal, oleh karena itu saya berharap kepada masyarakat Sulawesi Utara juga harus ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemberantasan korupsi tersebut, dengan cara ikut mengkontrol pelaksanaan pemerintahan dari berbagai lapisan, ketika menemukan ketidak-wajaran maka warga masyarakat harus proaktif untuk memberikan masukan kepada aparat penegak hukum.

Indonesia Baru Tanpa Korupsi, juga harus digaungkan dan dilaksanakan oleh segenap warga masyarakat khususnya warga masyarakat Sulawesi Utara dalam rangka kontrol sosial terhadap pelaksanaan pemerintahan disegala lapisan (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s