Membangun Empati Ditengah Keprihatinan Negeri

Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ternyata secara geografis alamnya juga rawan terhadap bencana, ahir-ahir ini kita banyak disuguhi berbagai bencana yang menyebabkan banyak menelan korban. Mulai banjir bandang yang terjadi di waisor papua, Gempa bumi yang mengakibatkan tsunami di kepulauan mentawai, Gunung merapi di Yogjakarta yang sampai saat ini masih sering terjadi europsi dan mengakibatkan terbakarnya desa-desa yang berada di lereng gunung Merapi yang terkena awan panas.

Melihat kondisi yang demikian sudah seharusnya kita harus terus menghidupkan dan tetap berempati di tengah keprihatinan yang melanda negeri ini, hal yang harus kita lakukan adalah mengjawantahkan arti dari kalimat “empati” tersebut dalam berbagai bentuk bantuan dan doa bagi saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah bencana alam tersebut.

Partai Demokrat sebagai salah satu Partai Politik di negeri ini sudah melakukan langkah-langkah yang berkaitan dengan bantuan-bantuan bagi korban bencana alam diantaranya partai Demokrat berjibaku mengarahkan energi di menjelang perayaan akbar HUT ke-9 yang dilangsungkan pada 17 Oktober 2010 yang lalu dengan memfokus perhatian kepada para korban banjir bandang yang terjadi di Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Pada bencana letusan gunung Merapi, TIM Tanggap Darurat DPP Partai Demokrat telah diberangkatkan ke Yogyakarta untuk membantu para korban. Disamping juga telah dikirimkan ke Sumatera Barat untuk membantu korban tsunami di Kepulauan Mentawai.

Dalam kondisi dalam negeri yang sedang berkabung karena bencana alam yang tidak berkesudahan ini saya sangat setuju dengan keputusan pimpinan Fraksi Partai Demokrat yang telah mengirimkan surat Himbauan kepada seluruh Anggota Fraksi Partai Demokrat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam reses masa sidang I Tahun 2010-2011 ini. karena disamping alasan penghematan juga merupakan bentuk empati yang dalam terhadap kondisi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah bencana. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s