Demokrat Ungguli Golkar-PDIP di Pilkada Sulut

Manado – Partai Demokrat sementara mengungguli dua parpol besar lainnya yakni Golkar dan PDIP pada pilkada di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2010.

“Dari tujuh pilkada yang digelar di Sulut, Partai Demokrat memenangkan tiga pilkada,” kata Ketua Bidang OKK Partai Demokrat Sulut John Dumais di Manado, Jumat.

Partai Demokrat unggul di Pilkada Gubernur Sulut 3 Agustus 2010 melalui pasangan SH Sarundajang-Djauhari Kansil dan sudah dilantik 20 September 2010 lalu.

Pilkada Bupati Minahasa Utara yang harus dilakukan pemungutan suara ulang di Kecamatan Wori 6 Oktober 2010, serta Pilkada Kota Manado yang baru digelar 21 Oktober 2010 juga dimenagi Demokrat.

Sementara Partai Golkar unggul di Pilkada Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa Selatan yang digelar 14 Oktober 2010, sementara PDIP hanya menang di Bolmong Selatan pada 21 Oktober 2010.

Pilkada lainnya yakni di Kabupaten Bolmong Timur yang dimenangkan gabungan parpol karena Partai Demokrat, Golkar dan PDIP harus mengakui kekalahan di wilayah itu.

“Masih ada satu target kemenangan Partai Demokrat yakni di Kota Bitung yang berkoalisi dengan PKPI untuk memenangkan pasangan Hanny Sondakh-Max Lomban pada akhir tahun 2010,” katanya.

Sementara itu, pengamat politik Unsrat Manado Fanly Pangemanan menilai, kekalahan dua parpol besar di Sulut akibat strategi politik yang salah karena kurang memperhatikan figur yang populis.

“Kemenangan di Pilkada sebenarnya merupakan strategi politik pemenangan Pemilu 2014, itu harus diperhatikan juga partai-partai besar,” tambahnya.

sumber: antaranews.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s