Catatan Khusus untuk Calon Panglima TNI

“Banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh Panglima TNI yang baru”, ungkapan ini sangatlah relevan ketika kita menelaah kondisi riel sistem pertahanan yang kita miliki, karena masih banyak persoalan yang harus menjadi perhatian yang serius oleh pucuk pimpinan Tentara Nasional Indonesia yang baru. Setidaknya hal ini tergambar dalam dinamika forum uji kelayakan yang dilakukan oleh Komisi I DPRRI pada 23/09/2010, yang dimulai sejak pukul10.00 wib. Dan ditutup pada pukul 22.05 wib. Yang banyak menyoroti seputar profesionalisme dan sistem pertahanan negara yang ideal.

Persoalan kesejahteraan Prajurit sebagai ujung tombak pertahanan negara dan Ketersediaan serta kesiapan alutsista yang merupakan salah satu factor vital dalam membangun Pertahanan Negara yang ideal dan kuat, sehingga Kemampuan Negara dalam memenuhi Alutsista sesuai dengan Minimum Essential Forces harus menjadi komitmen Panglima tidak terkecuali  perawatan dan perbaikan seluruh alutsista, serta optimalisasi fugsi dan peran BUMNIP/BUMNIS dalam rangka membangun kemandirian system pertahanan nasional.

Kekuatan yang mampu mengamankan dan menjaga wilayah kedaulatan Negara/yurisdiksi nasional dan mampu menggelar kekuatan untuk penangkalan, khususnya pada titik-titik rawan ancaman, obyek vital nasional serta daerah perbatasan.

Ini pekerjaan berat yang harus dikerjakan oleh panglima TNI yang akan datang, namaun demikian, dalam uji kelayakan calon panglima tersebut, menurut saya visi dan misi yang dipaparkannya sudah cukup ideal, kendati demikian kita tetap memberikan catatan-catatan khusus dan akan selalu melakukan kontrol terhadap kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh Panglima TNI tersebut, sebagai bentuk fungsi pengawasan DPR RI. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s