Menyoal Penyertaan Modal Negara (PMN) terhadap LKBN Antara

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal menyiapkan kucuran dana sekitar Rp. 400 miliar untuk menambah modal perusahaan Lembaga Kantor Berita Nasional Antara. Hal itu seiring telah selesainya pembuatan neraca awal perusahaan. Sebagaimana dilansir vivanews.com 02/07/2010 yang lalu.

Ketika berita ini muncul dipermukaan banyak muncul pertanyaan di masyarakat, apakah LKBN Antara sudah profesional untuk mengelola uang sebesar itu ? dan apakah LKBN Antara sudah mampu memposisikan sebagai media yang mampu bersaing dengan media yang lain ?. pertanyaan –pertanyaan ini sangat wajar mengemuka karena masih banyak pekerjaan rumah yang sampai saat ini belum bisa diselesaikan oleh internal lembaga tersebut, di antaranya adalah status kepemilikan gedung LKBN Antara yang sampai saat ini masih belum jelas, karena masih bersengketa dengan pihak swasta.

Akan tetapi menurut saya Penyertaan Modal Negara (PMN) itu adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan karena sejak LKBN Antara berubah statusnya menjadi Perusahaan Umum maka LKBN antara merupakan badan usaha yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh pemerintah. Akan tetapi ketika PMN ini dikucurkan maka seharusnya lembaga pengawasan bagi pelaksanaan dan kinerja lembaga ini harus ditingkatkan karena PMN tersebut adalah diambilkan dari APBN. Dan untuk selanjutnya yang harus ditingkatkan adalah penguatan infrastruktur dan melakukan perubahan pola fikir dan pola tindak yang lebih profesional. (*)

Jakarta 03 Juli 2010.

PAULA SINJAL, SH.

Berita terkait :
Fraksi Partai Demokrat Setuju Perum ANTARA Terima Rp400 Miliar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s