Siapa yang Bertanggungjawab Dalam Kecelakaan ini ?

Pesawat latih TNI Angkatan Udara jenis  KT-1B Wong Bee mengalami kecelakaan, pada Kamis kemarin pukul 15.37 Wita di Bandara Ngurah Rai, Bali. Sejumlah spekulasi pun bermunculan. Salah satunya menyebutkan pesawat jatuh akibat bersenggolan dengan salah satu dari tiga pesawat lain yang ikut bermanuver.

Kecelakaan demi kecelakaan yang dialami oleh TNI kita dan jajarannya adalah bukti bahwa hampir semua alat utama sistem persenjataan (Alutsista) perlu diteliti lagi antara laik dan tidaknya, disamping itu untuk alokasi pembelian Alutsista perlu diperjelas lagi yakni peralatan yang memang benar-benar dibutuhkan dan memiliki fungsi yang sangat fital bagi pertahanan negara perlu didahulukan, akan tetapi juga harus dipertimbangkan pula kualitas peralatan tersebut.

Sebenarnya kalau kita cermati bersama bahwa pesawat latih jenis  KT-1B Wong Bee masih tergolong baru yakni tahun 2005, namun kalau memang ini bukan “Human Erorr” berarti kualitas pesawatnya harus dipertanyakan, dan kalaupun kecelakaan karena “Human Error” berarti TNI AU juga harus lebih selektif dalam memilih personilnya. Namun ada satu hal yang menjadi keperihatinan kita bersama, bahwa sebenarnya pesawat latih ini melakukan penerbangan ke Bali dalam rangka apa ? karena yang namanya pesawat latih ya fungsinya untuk latihan para penerbang AU bukan untuk jalan-jalan, seperti yang kita ketahui bersama bahwa diantara penumpang ada salah satunya adalah Pangdam IX Udayana Mayjen Rachmad Budianto dan waktu itu tidak ada jadwal latihan.

Ini yang menjadi keprihatinan kita bersama, dan saya pikir hal ini perlu adanya penyelidikan dan Komisi I DPR RI perlu memanggil Menteri Pethanan dan Panglima TNI guna mmpertanyakan kasus kecelakaan ini. (*)

Canberra, 25 Juni 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s