Perkembangan Rapat Paripurna DPR

Pembacaan sikap fraksi dalam Sidang Paripurna DPR pada Rabu (3/3) menjadi peristiwa yang menarik. Gemuruh suara dukungan maupun suara ejekan bergema menyambut sikap masing-masing fraksi dalam kasus Bank Century.

Keriuhrendahan suasana bukan cuma diciptakan oleh anggota Dewan yang mengikuti sidang. Ratusan pengunjung di balkon yang terdiri atas wartawan maupun pengunjung lainnya membuat suasana makin terasa hidup.

Pandangan ahir fraksi diawali oleh Fraksi Partai Demokrat yang dibacakan oleh sdr. Ahsanul Qosasih, Fraksi Partai Demokrat menegaskan sikapnya bahwa bailout atas Bank Century tidak melanggar hukum karena langkah itu telah menyelamatkan ekonomi dari krisis.

Kebijakan dan langkah untuk menyelamatkan perbankan dan perekonomian nasional dari krisis yang buruk dapat diterima dan dibenarkan,” ujar Achsanul Qosasi yang mendapat giliran pertama membacakan sikapnya di depan rapat paripurna. Qosasi mengakui persoalan Bank Century telah menimbulkan ekses negatif seperti rumor yang menyebutkan masuknya aliran dana dari bank tersebut ke tim sukses SBY-Boediono. Namun demikian rumor itu tidak terbukti, ujarnya.

Kemudian dilanjutkan Fraksi Partai Golkar dan seterusnya sampai Fraksi Partai Hanura dan setelah semua Fraksi membacakan pandangan ahirnya ternyata yang memilih Opsi “A“ adalah Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, memilih opsi “C” adalah FPG, FPDIP, FPKS, F-Pgerindra, F-Phanura, sementara dua fraksi berikutnya yakni FPAN dan FPPP tidak memilih dari dua opsi yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s