Semua Sesuai Aturan

DPR menggelar rapat paripurna. Agendanya, menerima laporan hasil kerja Pansus DPR tentang Hak Angket Bank Century. Rapat pleno Pansus yang berakhir tengah malam tadi menghasilkan dua opsi yang akan dibawa ke Paripurna DPR.

Opsi pertama, menyatakan pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) dan penyertaan modal sementara (PMS) tidak bermasalah karena dilakukan untuk mencegah krisis dan sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Opsi kedua, pemberian FPJP dan PMS bermasalah. Otoritas moneter dan fiskal melakukan penyimpangan kebijakan karena penggelontoran dana tidak didasarkan pada aturan hukum yang berlaku.

Dalam konsep berdemokrasi bahwa perbedaan pendapat adalah suatu hal yang wajar dan harus diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat. Memang Rapat paripurna DPR merupakan rapat untuk mengambil keputusan tertinggi dalam susunan pengambilan keputusan di DPR, akan tetapi keputusan-keputusannya sudah barang tentu harus mengacu dari hasil keputusan rapat-rapat yang ada di institusi ini misalnya Rapat Badan Musyawarah.

Kekisruhan dalam rapat paripurna kali ini sebenarnya tidak harus terjadi jika masing-masing dari para politisi yang ada di DPR ini menghormati aturan-aturan yang sudah disepakati bersama, jadi tindakan yang di ambil oleh Ketua DPR (Marzuki Ali) sudah benar dan sesuai dengan aturan yang sudah disepakati bersama melalui rapat BAMUS, perlu diketahui bersama bahwa kesepakatan Rapat BAMUS merupakan keputusan dari semua Fraksi yang ada. dan menurut saya Pak Marzuki tidak otoriter dan justru beliau mengerti  dan mengakkan aturan, oleh karena itu beliau hanya melaksanakan keputusan rapat Bamus bahwa agenda hari ini hanya dua, pelantikan Wakil Ketua DPR dan laporan Panitia Angket. Tidak ada agenda untuk melakukan voting dalam menentukan dua keputusan Rapat Pansus Bank Century”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s