Petinggi TNI Mengaku Tak Tahu Kasus Kalawiran

JAKARTA – Para petinggi TNI ternyata mengaku tidak tahu-menahu tentang kasus Kalawiren, yang sudah sampai pada tahap tuntut-menuntut tanah di BPN Sulawesi Utara (Sulut) oleh para purnawirawan TNI AU. Kenyataan ini muncul saat salah satu personil Komisi I DPR RI yang membidangi pertahanan dan keamanan, Paula Sinjal, SH. mempertanyakan tentang penggusuran yang dilakukan oleh TNI AU terhadap ratusan purnawirawan, dengan alasan lahan di mana para mantan abdi negara itu akan dibangun lapangan udara.

Masa TNI makan TNI? Biarpun mereka purnawirawan, tapi kan tetap pernah berjuang membela negara juga,” kritik Paula, dalam rapat kerja antara Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI, dengan Komisi I DPR RI, Senin (22/2).

Mendengar itu, nyatanya Panglima TNI Djoko Santoso tampak seperti baru tahu, serta langsung menanyakan kepada bawahannya. Lantas, sang Panglima pun menjawab ‘negatif’. “Saya sudah mericek ke lapangan. Menurut Danlanudsri, semuanya aman-aman,” kata Djoko menjawab.

Djoko bahkan menegaskan bahwa tidak ada rencana pembangunan lapangan udara TNI di Sulut. Kontan, jawaban ini langsung ditentang Paula. Dikatakannya, masalah tersebut bahkan sudah diangkat oleh media lokal.

Namun oleh Djoko, dengan santainya pernyataan itu pun dijawab. “Oh, itu kan bahasanya wartawan. Mungkin itu penyelenggaranya Kementerian Perhubungan,” tukasnya.

Sementara di kesempatan lain, Kasau TNI Imam Sufaat, juga mengaku belum tahu tentang masalah itu. Dia beralasan sudah SMS-an dengan pejabat setempat, dan jawabannya sama: tidak ada masalah. “Saya tidak tahu detailnya, tapi Danlanud-nya bilang aman-aman saja. Kalau kejadiannya seperti itu, akan saya cek kembali,” katanya terburu-buru. (esy/cha/jpnn)

(Sumber : http://www.jpnn.com)

Catatan :

Tulisan ini dimuat dan sudah mendapatkan tanggapan di harian Komentar 23 Februari 2010 dengan Judul “Bandara Kalawiran Dijanjikan Bakal Dibangun Kembali”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s