Pengganti Anggota DPR yang Jadi Menteri Dilantik

Penulis : Akhmad Mustain
JAKARTA–MI: Anggota DPR pergantian antarwaktu (PAW) yang mengganti anggota DPR yang menjadi menteri resmi dilantik oleh Ketua DPR Marzuki Alie di Gedung Nusantara IV kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (13/1).

Dalam pelantikan tersebut, Marzuki didampingi oleh Wakil Ketua DPR Anis Matta. Dari delapan rencana pelantikan anggota DPR PAW, satu di antaranya tidak bisa hadir, yakni Paula Sinjal yang menggantikan EE Mangindaan yang menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men PAN) karena masih berada di luar negeri. Ini juga terjadi karena mendadaknya pemberitahuan oleh pihak DPR kepada yang bersangkutan.

Ketujuh lainnya, di Fraksi PKB ada Imam Nahrawi menggantikan Muhaimin Iskandar yang ditarik menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), dari FPPP ada Amin Suparman menggantikan Menteri Agama Surya Dharma Ali. Untuk Fraksi PKS ada Muhammad Idris Luthfi menggantikan Tifatul Sembiring yang menjadi Menkominfo serta Rohmani yang menggantikan Suswono. Dari pihak Demokrat, Supomo menggantikan Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, Zulkifli Anwar menggantikan Darwin Saleh, dan Gede Pasek Suardika menggantikan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

Dalam sambutannya, Marzuki mengimbau agar ketujuh anggota DPR baru bisa menjadi trigger untuk menepis anggapan bahwa DPR dinilai kurang positif oleh publik. “Saat ini, sorotan publik langsung kepada DPR dengan adanya Pansus Hak Angket Bank Century. Kondisi politik nasional saat ini sangat dinamis,” ujar Marzuki.

Selain itu, lanjut Marsuki, persoalan di bidang hukum sangat menyita perhatian publik, terutama ketika ditemukannya praktek diskriminatif berupa penjara mewah. “Ini terjadi karena kurang pengawasan. Untuk itu, baik pengawasan dari inspektorat ataupun pengawasan internal yang melekat, harus dioptimalkan. DPR akan memanggil Menkum dan HAM,” jelasnya. (*/OL-04)

(Sumber : Media Indonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s