Perempuan Jangan Hanya Pelengkap WOC-CTI Summit

Manado, Penyelenggaraan WOC dan CTI Summit 11-15 Mei 2009 di Manado dapat dijadikan momen bagi kaum perempuan di Sulawesi Utara, untuk menunjukkan kemampuannya pada hal-hal positif seperti melibatkan diri secara aktif dalam menyukseskan kegiatan internasional ini.

“Jangan kita kaum perempuan hanya menjadi pelengkap dalam kegiatan-kegiatan nasional maupun internasional, sehingga memunculkan citra negatif saja. Hal ini sudah tidak boleh terjadi lagi,” kata Paula Sinjal SH, salah satu kader Partai Demokrat yang diusung menjadi calon legislatif ke DPR-RI dengan daerah pemilihan Sulawesi Utara kepada wartawan di Manado.

Menurut perempuan muda yang getol berorganisasi ini, pendidikan perempuan di Sulut tidak kalah dengan kaum lelaki dan ini terlihat figur-figur di balik persiapan WOC dan CTI Summit, cukup membuka peluang kaum perempuan untuk berekspresi menyukseskan kegiatan yang digagas oleh Gubernur SH Sarundajang.

Karena itu Sinjal sangat berharap, bakal muncul ide-ide dari kaum perempuan sebelum dan sesudah digelarnya acara bertaraf interna-sional ini sehingga mampu menghapus imej-imej miring terhadap perempuan di daerah ini.

Sebagai kader parpol yang siap bertarung di pentas nasional, Sinjal memintakan adanya sikap ingin maju dan suka melakukan perubahan dari kalangan perempuan di Sulut, artinya jangan merasa rendah diri atau takut untuk menyuarakan sesuatu ide atau kritikan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“Walaupun berpendidikan tetapi kita sendiri tidak mampu memberdayakan kemampuan yang ada, berarti tidak mau melakukan perubahan dan menaikkan harkat dan martabat agar dapat sejajar dengan kaum lelaki,” tambah Sinjal dan mengharapkan agar para orangtua jangan lagi menganggap anak gadis mereka hanya dipersiapkan menjadi istri dan ibu rumah saja.

Anak perempuan harus diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan sejajar dengan kaum lelaki sehingga mereka jangan hanya menjadi penerima keputusan atau kebijakan tetapi mereka ini mampu mengambil keputusan dan penentu suatu kebijakan, dan ini diharapkan muncul dari kalangan perempuan asal Sulut.

Paula Sinjal mengaku terjun ke dunia politik lewat Partai Demokrat merupakan jalan mewujudkan kemandirian terhadap kaum perempuan di Indonesia dan lebih khusus bagi kaum perempuan di Sulut, karena itu dukungan dari kaum perempuan sangat diharapkan di samping kaum lelaki.

Tampilnya figur Paula Sinjal sebagai calon legislatif DPR-RI lewat Partai Demokrat mendapat apresiasi tersendiri dari Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Minahasa Tenggara, Diana Maringka yang menilai figur ini mampu menjembatani aspirasi dari daerah ke tingkat pusat, baik itu menyangkut program pemerintah maupun pembangunan.

Sebagai figur dari kalangan generasi muda, menurut Maringka yang menargetkan enam kursi di DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara, sudah pasti Paula Sinjal punya keinginan kuat menunjukkan kemampuannya untuk berkompetisi dengan kaum lelaki maupun perempuan dari lain daerah.

Artinya figur seperti ini lebih menguntungkan, karena masih muda dan memiliki pemikiran jauh ke depan dan ini memang dibutuhkan oleh parpol seperti Partai Demokrat.(eky/*)
(Harian KOMENTAR Manado)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s