Pelayanan Kasih Sepekan di Minsel Tuai Sukses

Selama sepekan penuh (16 – 21 Juni 2008) Pelayanan Kasih Jakarta, melakukan pelayanan kasih operasi katarak gratis dan diakonia di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Dan seperti diprediksi sejak awal, kegiatan yang dipimpin langsung Koordinator Pelayanan Kasih Paula Sinjal SH ini menuai sukses.

Layanan pemeriksaan kesehatan mata dan operasi katarak gratis bagi masyarakat Minsel di Rumah Sakit Umum GMIM Kalooran Amurang yang dibiayai sepenuhnya Pelayanan Kasih ini seperti; pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis dan penyerahan diakonia di Desa Maliku dan Kotamenara. Bahkan Pelayanan Kasih juga ambil bagian dalam penyediaan bibit ikan di Desa Maliku.

Dijelaskan Koordinator Pelayanan Kasih Paula Sinjal SH, layanan kesehatan difasilitasi para dokter, paramedis dan staff RSU GMIM Kalooran Amurang ini melibatkan 34 dokter yang tergabung dalam Perdami (Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia) Sulut. Tak kurang dari 84 orang pasien menerima pengobatan gratis, dan operasi katarak diikuti 25 orang pasien.

Layanan kesehatan gratis di Desa Maliku dilakukan kepada 131 orang pasien, serta pemberian diakonia untuk 439 kepala keluarga, yang disupervisi langsung oleh Hukumtua Selvie Weru Pangkey, para Kepala Jaga dan Meweteng, serta para tokoh masyarakat Desa Maliku. Supervisi juga dilakukan saat tebar bibit berbagai jenis ikan oleh Paula Sinjal, SH untuk kolam air deras di kuala yang dimiliki rakyat.
Sedangkan di Desa Kotamenara, Hukumtua Joike Sondakh, para Kepala Jaga dan Mewe-teng, serta para tokoh masyarakat menyupervisi langsung pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada 130 orang pasien, serta penyerahan diakonia untuk 240 kepala keluarga.

Bertindak selaku Koordinator Lapangan (Korlap) dari Pelayanan Kasih tersebut adalah Ir Jan Tambayong, Sam Polii dan Irene Wauran.

Bagi masyarakat Minsel, figur Paula Sinjal SH sebenarnya sudah tidak asing lagi. Perempuan asal Lewet Amurang ini adalah putri sulung Drs Nico Sonny Sinjal (alm) yang dikenal lama menjabat Direktur APDN Sulut, dan pernah menduduki jabatan Asisten di Sek-prop Sulut beberapa tahun lalu.

Sementara dari Jakarta, Ir Lucky H Korah MSi, menegaskan bahwa program Pelayanan Kasih di Tanah Toar Lumimuut akan terus berlanjut seiring dengan kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan di Jakarta dan sekitarnya. Bagi Tou Minahasa yang baru saja diangkat sebagai Sesmen Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal itu, beraktivitas dalam Pelayanan Kasih adalah perwujudan iman yang bersinar dalam tindak dan perbuatan mengasihi sesama. “Selain itu, saya kenal Paula sejak kecil, dan saya mendukung penuh pelayanan kasih yang dilakukannya,” kata Korah.(eky)
(Harian KOMENTAR Manado)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s